Jumat, 15 April 2011

Reamer Karburator Honda Tiger Bisa Sampai 34 mm ????!!!!!!

OTOMOTIFNET - Saat meng-upgrade performa mesin, salah satu yang jamak dijamah karburator. Paling sering ganti yang berventuri lebih besar. Alhasil debit campuran bahan bakar dan udara yang masuk kian banyak. Nafas mesin pun makin panjang.

Tapi ganti alat pengabut bahan bakar dan udara, butuh dana gede. Contoh karbu Keihin PE 28, yang KW1 saja harganya sekitar Rp 650 ribu. Nah khusus pemilik Honda Tiger, setelah mengoprek mesin tak perlu ganti karbu, sebab standarnya bisa dimaksimalkan.

gambar1
gambar2
gambar3
 gambar4

Kok bisa? Karena daging venturi sangat tebal (gbr.1). “Bisa di-reamer sampai 34 mm!” buka Untung Basuki dari bengkel Moro Motor, yang ada di Jl. Masjid IX No.59, Sudimara Timur, Ciledug. Oh iya, venturi bawaan hanya 26 mm.

Kelihatan kan penghematan yang bisa dilakukan? Ingin ikutan, yuk simak terus. Namun sebelumnya simak dulu syarat-syaratnya. “Jika diameter piston dan klep masih standar, hanya papas kem dan naikin kompresi, kenaikan cukup jadi 30 mm,” papar pria yang biasa disapa Untung itu.

Untung melanjutkan, jika telah pakai piston 70 mm (milik Yamaha Scorpio) dan klep 37 mm, maka diameter bisa sampai 34 mm. “Pembesaran disesuaikan kebutuhan, kalau kebesaran malah mubazir,” lanjut bapak berputra tiga itu.

Sudah jelas? Yuk simak urutan mereamernya. Pertama yang dibesarkan diameter saluran masuk di kepala silinder, berikut intake manifold atau biasa disebut porting & polish. Lantas lepas manifold dan pasang di karbu. Lalu ambil spidol untuk bikin alur mulut karbu sesuai bentuk manifold (gbr.2).

“Biar lubangnya ketemu pas, jadi tak asal membesarkan. Sehingga aliran bahan bakar dan udara lancar,” wanti pehobi turing ini. Setelah itu lepas lagi manifold, baru lakukan reamer pakai mata bor tuner (gbr.3).

Terus lakukan finishing, dengan kembali memasang manifold. Reamer lagi sampai diameter venturi benar-benar presisi dengan manifold (gbr.4). Gampang, kan? Perlu dicatat, yang dikurangi daging atas, jangan sampai mengenai bagian bawah. Biar udara enggak bocor yang bikin mesin enggak langsam.

Eits belum selesai lo! Setelah karbu dipasang lagi, perlu setting ulang spuyer. “Pilot jet naik jadi 48, sedang main jet ganti 125. Terus kalo mau agak plong, filter udaranya bisa diganti produk aftermarket,” tutup Untung.
  

sumber:

0 komentar:

Posting Komentar