Selasa, 12 April 2011

Perbedaan Rem Combined ABS vs Rem Standar Pada Honda CBR250R


Honda CBR250R yang diluncurkan baru-baru ini di Thailand menyuguhkan dua pilihan mekanisme pengereman, yaitu berteknologi Combined ABS (anti-lock brake system) dan rem cakram biasa (standar). Aplikasi Combined ABS di sport bike 250 cc diklaim yang pertama di dunia.

Untuk mendapatkan daya pengereman yang powerfull, lingkar cakram depan dipilih 296 mm dan 220 mm untuk bagian belakang. Untuk tipe rem standar, roda depan menggunakan two-port caliper. Sedangkan Combined ABS mengaplikasi three-port caliper. Untuk roda belakang sama-sama menggunakan one-port caliper.




Combined ABS memungkinkan distribusi tingkat pengereman roda depan dan belakang lebih ideal. Misalnya pada kecepatan tinggi, meskipun biker hanya menginjak rem kaki, maka dengan sendirinya rem roda depan (rem tangan) akan ikut bekerja dengan proporsi pengereman yang diatur secara otomatis. Selanjutnya, untuk mendapatkan pengereman yang sempurna bisa diikuti dengan menarik rem tangan lebih dalam lagi.

Anti-lock brake system (ABS) bekerjanya untuk mencegah terjadinya roda ngancing (wheel lock) karena pengereman yang mendadak atau jalanan yang licin. Sensor dipasang di roda depan dan belakang untuk mendeteksi kecepatan kedua roda yang dilaporkan ke modul ABS di dalam ECU (electronic control unit).


ECU akan memproses masukan dari sensor kecepatan roda untuk mengatur tingkat tekanan minyak rem yang dikirim ke kedua caliper rem. Sehingga pengereman yang berlebihan bisa dihindari alias tidak nge-blok. Untuk menambah kenyamanan manuver, modul ABS ditempatkan dekat center of gravity pada body.

Patut dicatat, bahwa ABS tidak berfungsi untuk memperpendek jarak pengereman. Tapi akan memberikan rasa nyaman biker ketika deselerasi di tikungan tanpa takut sliding. Atau mencegah roda nge-blok saat pengereman mendadak.

Lantas, secara fisik bagaimana membedakan rem standar dan Combined ABS? Gampang banget, silahkan lihat bagian caliper rem depan. Tipe ABS pada calipernya dilengkapi dua selang rem dan tampak tiga piston. Lalu ketika kunci kontak ON, di panel indicator akan tampak tulisan ABS.


sumber:

0 komentar:

Posting Komentar